طَـــلـَعَ الْبَـدْرُ عَــــلَيْنَا * مِــــنْ ثَنِّيـــــَةِ الْـوَدَاعِ.........وَجَــبَ الشُّـــــــــــــكْرُ عَلـَيْنَـــا * مَـــــا دَاعَ ِللهِ الــــــدَّاعِ

Jumat, 09 Desember 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                            :  MTs. Futuhiyyah 1 Mranggen
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  VII / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar              :  1.1       Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit


A.          Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah

Ü  Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
          
Ü  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :     
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B.           Materi Pembelajaran
§  Sejarah kebudayaan Islam

C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi

D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§  Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§  Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
§  Siswa Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
2).  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
§  Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok(Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya, (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
            3) Konfirmasi
Dalam kegiatan Konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
Ü   Kegiatan  Akhir
§  Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dan guru melakukan refleksi . (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)
§  Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu. (Nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab)

E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

Ø  Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan pengertian kebudayaan Islam ?
Ø  Menunjukan contoh kebudayaan Islam
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh kebudayaan Islam?
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan pengertian kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)



Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100

Mengetahui,                                                                 Mranggen, 14 Juli 2011
Kepala Madrasah                                                        Guru mapel SKI





H. Said Lafif, S.Ag., M.H.                                          Khabib Sholeh, S.Ag.
NIP. -                                                                            NIP. 197501052007101003



.