طَـــلـَعَ الْبَـدْرُ عَــــلَيْنَا * مِــــنْ ثَنِّيـــــَةِ الْـوَدَاعِ.........وَجَــبَ الشُّـــــــــــــكْرُ عَلـَيْنَـــا * مَـــــا دَاعَ ِللهِ الــــــدَّاعِ

Sabtu, 19 Desember 2009

RPP SKI Kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah : MTs. Futuhiyah 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : VII / Gasal
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar : Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
Indikator : 1. Memahami tujuan dan manfaat Sejarah Kebudayaan Islam
2. Menjelaskan tujuan dan manfaat Sejarah Kebudayaan Islam

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu
1. Peserta didik mampu mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam sebagai dasar peserta didik memahami tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
2. Peserta didik mampu menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
B. Materi Pokok : Tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam
C. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan Resitasi (pemberian tugas)
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Appesepsi
Guru mengingatkan kembali tentang pengertian Sejarah dan Kebudayaan Islam
b. Motivasi
Guru mendiskripsikan bahwa setiap kegiatan dan pembelajaran pasti mempunyai tujuan dan manfaat tersendiri
2. Kegiatan inti
a. Secara individu siswa disiapkan belajar yang sungguh-sungguh, kemudian siswa diminta untuk membaca buku materi pembelajaran tentang tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam.
b. Hasil dari siswa dalam membaca buku pelajaran diresume tentang materi pelajaran SKI (tujuan dan manfaatnya)
c. Satu, dua, tiga orang siswa secara bergantian diminta untuk membaca di depan kelas.
d. Siswa lain boleh memberikan tanggapan apabila tidak sependapat lewat ijin guru.
e. Menyimpulkan sementara tentang tujuan dan manfaat mempelajari SKI.
3. Penutup
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran tersebut.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk dijawab langsung atau tugas di rumah
c. Guru memberi tugas siswa secara kelompok.
E. Alat / Bahan / Sumber belajar
1. Buku Paket Sejarah
2. Ensiklopedi Islam
3. LKS ( Lembar Kerja Siswa )
F. Penilaian
1. Tehnik : tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Uraian
Mranggen, 17 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata pelajaran SKI
Kepala




H. Said Lafif, S.Ag.
NIP. -
Khabib Sholeh, S.Ag.
NIP.

2 komentar:

  1. mkasih atas partisipasinya....dengan adanya catatan bapak dsini z merasa sngat terbantu krn z jg adalah guru ski d mts...tp z tdk punya banyak bahan pengajaran termasuk RPP...se kali lg terima ksih..............

    BalasHapus
  2. syukron katsir ya ustadz..
    jangan pernah berhenti berkarya..moto kita adalah khoirunnas,,a'nfa'uhum linnas..smg jd suri tauladan yang baik..
    salam dari saya..
    muhidin S.PdI
    Guru SKI pada MTs Mathlabul Huda Koroncong..
    wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda!